Asral Enterprise

Friday, February 18, 2011

Dosa Syirik - Adakah Tiada Keampunan Dari Allah S.W.T?

foto Dosa Syirik - Adakah Tiada Keampunan Dari Allah S.W.T?
Dosa Syirik - Adakah Tiada Keampunan Dari Allah S.W.T?

jamuman.blogspot.com

Assalaamu ‘alaikum Wr. Wb.

Pak Ustadz, saya ingin menanyakan tentang dosa syirik. Apakah dosa syirik benar-benar tidak bisa diampuni? Jika tidak, bukankah sia-sia saja ibadah yang dilakukan selanjutnya karena toh ia sudah pasti masuk neraka.

Terimakasih atas jawabannya.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Fulan

Jawaban:

Assalamualaikum ‘Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.
Alhamdulilahi Rabbil ‘alamin, wash-shalatu was-salamu ‘alaa Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihihi ajma’in, wa ba’du

Yang dimaksud dengan dosa syirik itu tidak bisa diampuni adalah bila seseorang melakukan perbuatan syirik dan mati bersama dosa itu tanpa pernah bertaubat sebelumnya. Bedanya dengan dosa selain syirik adalah bahwa dosa itu bila terbawa sampai mati tanpa bertaubat sebelumnya, masih ada kemungkian diampuni Allah SWT. Misalnya dengan ditebus dengan amal-amal kebajikan yang dimilikinya. Sebagaimana firman Allah SWT :

“…Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”.(QS. Hud : 114)

foto Dosa Syirik - Adakah Tiada Keampunan Dari Allah S.W.T?

Atau orang tersebut di akhirat nanti mendapatkan syafa’at dari Rasulullah SAW, sehingga dosa-dosanya diampuni dan yang bersangkutan tidak perlu diazab di neraka. Semua itu mungkin saja terjadi sehingga dikatakan bahwa dosa selain syirik akan diampuni di akhirat.

Namun bila dosa yang dibawa mati itu adalah dosa syirik, maka dosa itu tidak bisa ditebus atau diampuni di akhirat. Maka yang bersangkutan harus mendapatkan siksa yang nyata-nyata pedih. Itulah maksud bahwa dosa syirik itu tidak bisa diampuni, sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat berikut ini :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”. ( QS An Nisa 48 )

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.”(QS. An-Nisa : 114)

Karena itu selama hayat masih di kandung badan, bersegeralah untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT, terutama yang terkait dengan dosa-dosa syirik.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran : 133)

Wallahu A’lam Bish-Showab,
Wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.


2 comments:

Anonymous said...

For example, consider a simple system with two macrostates $A$ and $B$, with $4$ and $6$ microstates respectively. [url=http://www.mulberryhandbagssale.co.uk]Mulberry handbags[/url] You can make these links 'clickable' by cloaking the same. [url=http://www.goosecoatsale.ca]http://www.goosecoatsale.ca[/url] Kpcnfybsc
[url=http://www.pandorajewelryvip.co.uk]pandora bracelets sale[/url] Sqkhpvyxj [url=http://www.officialcanadagooseparkae.com]canada goose[/url] oywioglhk

Anonymous said...

It was almost as though the latter items weren't enough to stand on their own, and by this extension, were not enough for an exhibit celebrating popular art forms.. ghd sale On the afternoon of Thursday November 1, 2012, several personnel at Alcor received a Telemed emergency call and text concerning member John Monts. ugg boots We wouldn be surprised if the July 27th date sticks for Europe. north face backpacks It hard to keep up with them all, so I love when you give me suggestions and show me the books you buying. http://www.manyghdhair.com She has ties to the local steampunk crew, Airship Isabella and work with them at several of the conventions that they both visit including OSE, and Dickens on the Strand..